kelompok referensi
BAB I
PENDAHULUAN
Kelompok ialah kumpulan individu-individu
yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya selama periode waktu
tertentu untuk suatu kebutuhan atau tujuan bersama. Pihak-pihak yang berada
dalam kelompok biasanya saling berbagi norma-norma dan tujuan serta memiliki
kesamaan identitas.
Terkadang kelompok diklasifikasikan
berdasarkan status keanggotaan. Kelompok dimana seseorang menjadi menjadi
anggota atau mempunyai kualifikasi untuk menjadi anggota disebut anggota
kelompok. Sedangkan kelompok dimana seorang individu tidak mungkin menerima
keanggotaan, namun bertindak seperti seorang anggota dengan mengadopsi nilai,
sikap, dan perilaku kelompok disebut kelompok simbolik. Dan di dalam makalah
ini akan dibahas secara rinci tentang kelompok resensi. Kelompok referensi
merupakan hal yang sangat penting dan ide yang berpengaruh besar dalam Perilaku konsumen.
Kelompok referensi adalah setiap orang atau
kelompok yang dianggap sebagi perbandingan (referensi) bagi seseorang dalam
membentuk nilai-nilai umum atau khusus, atau dalam berperilaku. Dari
perspektif pemasaran, kelompok referensi
merupakan kelompok yang dianggap sebagai dasar referensi bagi seseorang dalam
menentukan keputusan pembelian atau konsumsi mereka
BAB II
PEMBAHASAN
Kelompok Referensi (Reference Group) atau
Kelompok Rujukan atau Kelompok Acuan merupakan sekelompok orang yang dianggap
memiliki pengaruh evaluasi, aspirasi,
bahkan perilaku terhadap orang lain secara langsung ataupun tidak
langsung, dan dianggap sebagai pembandingan bagi seseorang dalam membentuk
nilai dan sikap umum/khusus atau pedoman
khusus bagi perilaku.
Kelompok referensi memberikan standar (norma
atau nilai) yang dapat menjadi
perspektif penentu mengenai bagaimana seseorang berfikir atau
berperilaku, dan kelompok ini berguna sebagai referensi seseorang dalam
pengambilan keputusan. Menurut Sumarwan (2003), kelompok referensi (preference
group) adalah seorang individu atau sekelompok orang yang secara nyata
mempengaruhi seseorang. Sedangkan menurut Kotler dan Keller (2000), kelompok
referensi sebagai kelompok yang mempunyai
pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap sikap dan perilaku
seseorang.
Dan menurut Herbet H. Hyman, kelompok acuan
didefinisikan sebagai orang atau kelompok orang yang mempengaruhi secara
bermakna suatu perilaku individu. Pada awalnya kelompok acuan dibatasi secara
sempit dan hanya mencakup kelompok-kelompok dengan siapa individu berinteraksi secara
langsung (keluarga dan teman-teman akrab).
Tetapi konsep ini secara berangsur-angsur
telah diperluas mencakup pengaruh
perorangan atau kelompok secara langsung maupun tidak langsung. Kelompok acuan
tidak langsung terdiri dari orang-orang atau kelompok yang masing-masing tidak
mempunyai kontak langsung, seperti para bintang film, pahlawan olahraga,
pemimpin politik, ataupun orang yang
berpakain baik dan kelihatan menarik di sudut jalan (Schiffman, Leon G. and Kanuk,
Leslie Lazar, 2000).
Kelompok referensi merupakan hal yang sangat
penting dan ide yang berpengaruh besar
dalam Perilaku konsumen. Sebab, kelompok referensi adalah setiap orang atau
kelompok yang dianggap sebagi perbandingan (referensi) bagi seseorang dalam
membentuk nilai-nilai umum atau khusus, atau dalam berperilaku. Dari
perspektif pemasaran, kelompok referensi
merupakan kelompok yang dianggap sebagai dasar referensi bagi seseorang dalam
menentukan keputusan pembelian atau konsumsi mereka
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kelompok merupakan kumpulan individu-individu
yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya selama periode waktu
tertentu untuk suatu kebutuhan atau tujuan
bersama. Pihak-pihak yang berada dalam kelompok biasanya saling berbagi
norma-norma dan tujuan serta memiliki kesamaan identitas. Pada awalnya kelompok
acuan dibatasi secara sempit dan hanya mencakup kelompok-kelompok dengan siapa
individu berinteraksi secara langsung (keluarga dan teman-teman akrab). Tetapi
konsep ini secara berangsur-angsur telah diperluas mencakup pengaruh perorangan
atau kelompok secara langsung maupun tidak langsung. Kelompok acuan tidak
langsung terdiri dari orang-orang atau kelompok yang masing-masing tidak
mempunyai kontak langsung, seperti para bintang film, pahlawan olahraga, pemimpin
politik, ataupun orang yang berpakain baik dan kelihatan menarik di sudut jalan
(Schiffman, Leon G. and Kanuk, Leslie Lazar, 2000)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar