PENDAHULUAN
Dalam menarik
perhatian para konsumen makan para produsen membuat suatu iklan yang bertujuan
dimana agar para konsumen megetahui tentang produk yang sedang di tawarkan oleh
para produsen. Akan tetapi belakangan ini banyak iklan yang tidak mengandung
etika, atau bahkan membuat para konsumen kebingungan akan produk tersebut.
Seharusnya para produsen lebih kreatif dalam membuat iklan tersebut, hal ini
dimaksud agar para konsumen lebih paham akan produk yang ditawarkan tetapi
tidak melanggar etika yang ada.
TEORI
Iklan ialah
suatu startegi pemasaran yang di gunakan untuk mempromosikan suatu produk.
Iklan disini berfungsi sebagai salah satu media untuk mengenalkan suatu produk
yang ditawarkan kepada para konsumen agar konsumen mengetahui secara singkat
tentang manfaat dan kegunaan produk tersebut. Akan tetapi, ada saja para
produsen yang masih nakal dalam membuat iklan produk yang ditawarkannya, salah
satunya ialah yang melanggar etika. Disini saya mengambil salah satu contoh
iklan yang menurut saya kurang beretika. Iklan tersebut adalah iklan pompa air
Shimizu. Iklan ini bisa di bilang iklan yang mengandung sara yang melanggar
etika kesopanan. Dimana di dalamnya ada seorang wanita yang mencari obat kuat
akan tetapi wanita tersebut malah di tawarkan pompa air. Dari sini aja sudah
jelas iklan yang disiarkan tersebut tidak jelas. Iklan disini ialah iklan pompa
air, akan tetapi isinya malah seorang wanita yang mencari obat kuat. Dari sini
juga ada adegan dimana wanita tersebut dengan muka menggoda tersebut sedang
disiram air oleh seorang pria. Dikhawatirkan dengan adanya iklan ini para
remaja atau anak-anak yang menonton iklan ini berpikiran jorok atau negatif.
ANALISIS
Dalam membuat iklan tidak harus
menggunakaan model seksi atau yang melenceng dari produk yang di tawarkan.
Buatlah iklan yang semenarik mungkin dan sejelas mungkin agar para konsumen
paham betul akan produk di tawarkan tersebut. Buatlah juga iklan yang kiranya dapat
dilihat oleh berbagai usia.
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar